KAI Daop 6 Yogyakarta Operasionalkan Kereta Bogowonto sebagai Tambahan

Reporter

Petougas menyemprot dan membersihkan gerbong Kereta Prameks dengan cairan desinfektan, di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, 15 Maret 2020. TEMPO/Muh. Syaifullah
Petougas menyemprot dan membersihkan gerbong Kereta Prameks dengan cairan desinfektan, di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, 15 Maret 2020. TEMPO/Muh. Syaifullah

nasgormafia.com, Jakarta -PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menambah jadwal perjalanan kereta jarak jauh dengan mengoperasionalkan kereta api Bogowonto. Penambahan ini untuk memenuhi meningkatnya penumpang arus balik Lebaran 2022.

“Kereta ini dioperasionalkan saat masa arus balik, 4-9 Mei dengan relasi Stasiun Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen Jakarta,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Rabu, 4 Mei 2022.

Menurut dia, calon penumpang dapat mengakses https://ramadan.tempo.co//read/1588496/kai-daop-6-yogyakarta-operasionalkan-kereta-bogowonto-sebagai-tambahan mengenai jadwal keberangkatan, tarif, dan ketersediaan tiket melalui aplikasi KAI Access.“Kereta ini adalah kereta jarak jauh sehingga syarat perjalanan pun harus dipenuhi oleh penumpang. Protokol kesehatan tetap harus dipatuhi agar perjalanan aman, nyaman, dan sehat,” katanya.

Secara umum, Supriyanto mengatakan ketersediaan tiket untuk perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.“Jika memang memungkinkan, bisa mencari tanggal keberangkatan alternatif apabila tiket yang diinginkan sudah habis,” katanya.

Fitur “connecting train” di aplikasi KAI Access juga bisa dimanfaatkan untuk membantu alternatif rute perjalanan dengan menyambung perjalanan kereta api.

Berdasarkan data hingga Rabu, 4 Mei 2022, total jumlah penumpang yang turun di Daop 6 Yogyakarta selama masa Angkutan Lebaran 2022 tercatat sebanyak 260.920 orang dengan puncak kedatangan terjadi pada Selasa, 3 Mei sebanyak 20.432 penumpang.

Pada Rabu, 4 Mei 2022, jumlah kedatangan penumpang di berbagai stasiun di Daop 6 Yogyakarta juga tercatat masih cukup tinggi yaitu mencapai 19.846 orang.

Sedangkan jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Daop 6 Yogyakarta selama masa Angkutan Lebaran 2022 tercatat sebanyak 255.651 orang atau penjualan tiket mencapai 90 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 282.926 tempat duduk.

“Data sementara, penumpang yang diberangkatkan mengalami kenaikan pada 3-10 Mei dan puncak arus balik pada 7 Mei dengan 17.138 penumpang,” katanya.

Baca Juga: Jumlah Pemudik yang Tiba di Yogyakarta Justru Lebih Banyak Setelah Lebaran