Jusuf Kalla Sebut Masjid Bukan Hanya Tempat Ibadah, tapi Juga Pusat Pendidikan

Reporter

Mantan Wapres Jusuf Kalla saat melakukan wawancara khusus dengan Tempo di kediamannya yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Februari 2023. TEMPO/M Julnis Firmansyah
Mantan Wapres Jusuf Kalla saat melakukan wawancara khusus dengan Tempo di kediamannya yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Februari 2023. TEMPO/M Julnis Firmansyah

nasgormafia.com, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla mengatakan keberadaan masjid berperan tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga pusat pendidikan masyarakat. Mantan Wakil Presiden itu mengatakan bahwa masjid tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pendidikan, utamanya dalam pendidikan Islam.

"Masjid juga berkontribusi dalam membangun peradaban dunia melalui edukasi nilai-nilai kebaikan," ujar Jusuf Kalla pada peluncuran Gerakan Masjid Bersih 2023 di Jakarta, Rabu 15 Maret 2023.

Ia menyampaikan, lembaga pendidikan seperti Al Azhar juga dimulai dari masjid, sehingga diharapkan agar perannya terus ditingkatkan untuk membangun peradaban modern.

DMI akan membantu menyusun kurikulum agar kegiatan pendidikan di masjid dapat terus ditingkatkan dan tepat sasaran. "Pendidikan dan pengajian itu harus berlangsung terus di masjid," katanya.

Lebih lanjut, Ketua Umum PMI itu juga mendorong agar selain dipergunakan untuk salat, berdzikir dan beri’tikaf, masjid juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi, sosial, hingga budaya. Kata JK, Indonesia memiliki ratusan ribu masjid atau mushala yang tersebar di banyak tempat seperti di perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Oleh karena itu, ia berharap keberadaannya dapat berperan positif pada kehidupan manusia secara luas.

"Segala-segala upaya itu dilakukan agar kehidupan masyarakat dapat dididik dan teratur, sekaligus membangun peradaban yang lebih baik," katanya.

JK menambahkan, dalam momentum menyambut Ramadhan tahun ini, DMI mengimbau agar pengurus masjid menyiapkan segala keperluan untuk ibadah umat Islam. Ia berharap agar Ramadhan tahun ini berjalan lancar dan dapat meningkatkan iman serta taqwa seluruh umat.

"Masjid itu tempat untuk kita bersujud, sehingga harus bersih dan suci. Mengingat kita baru saja melewati pandemi, maka kebersihannya harus terus dijaga," kata dia.

Pilihan Editor: Hari Raya Nyepi di Bali Bertepatan dengan Ramadhan, Ini Hasil Kesepakatannya